Kabar Gempa Terkini di Cianjur dan Lampung, Doa dan Cara Menyelamatkan Diri!

gempa cianjur

PARTAI LITERASI - Beberapa gempa bumi dilaporkan terjalin sejak dini hari ini, Selasa (24/1/2023). Sebagian di antara lain terasa lumayan kokoh. Pusat gempa di darat 7 kilometer Barat Laut Kabupaten Cianjur.

Di Cianjur, Jawa Barat, terjalin gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,3. Bersumber pada Laporan Tubuh Meteorologi, Klimatologi, serta Geofisika( BMKG), gempa yang terjalin pada jam 2: 45 Wib tersebut terletak di kedalaman 10 kilometer.

Kabarnya gempa tersebut mengguncang Cianjur sampai Lampung yang membuat selaku masyarakat berantakan keluar rumah. Gempa ini ialah gempa berulang sehabis terbentuknya gempa Cianjur sebagian bulan kemudian.

Anjuran BMKG: Hati- hati terhadap gempa bumi susulan yang bisa jadi terjalin,” tulis BMKG dalam tweet- nya, Selasa.

Gempa tersebut, dialami sampai daerah III- IV Cianjur, III- IV Cikalongkulon, III- IV Cipanas, III- IV Sukabumi, III Purwakarta, II Jakarta Selatan, II Tangerang Selatan, II Bekasi, II Depok. BMKG mengatakan gempa terbaru itu dialami hingga Sukabumi.

Sampai dikala ini belom terdapat data kehancuran dari BPBD Kota serta Kabupaten Sukabumi. Ada pula pusat gempa di 6, 82 LS- 107, 07 BT, 7 kilometer Barat Laut Cianjur.


Cara Menyelamatkan Diri dari Gempa

Ada cara buat menyelamatkan diri dikala gempa bumi. Dikala terjalin gempa, metode terbaik buat menyelamatkan diri merupakan dengan tata cara drop, cover, hold on.

Dengan kata lain, dikala terjalin gempa Kamu wajib merendahkan posisi badan yang lebih rendah, mencari penutup kepala serta leher, serta senantiasa terletak serta berlindung di tempat tersebut sampai gempa menyudahi. Berikut penjelasannya:

  1. Jatuhkan badan ke bagian tangan serta lutut saat sebelum gempa bumi menghantam Kamu. Posisi ini bisa melindungi Kamu dari jatuh serta senantiasa membolehkan Kamu buat bergerak bila butuh.
  2. Cari penutup kepala serta leher( serta segala badan Kamu bila membolehkan) ialah di dasar meja ataupun meja yang kuat. Bila tidak terdapat tempat berlindung di dekat Kamu, bergeraklah mengarah bilik bagian dalam ataupun di samping furnitur posisi rendah yang tidak hendak mengenai Kamu, serta tutupi kepala serta leher Kamu dengan lengan serta tangan.
  3. Senantiasa berlindung di tempat hingga guncangan menyudahi. Bersiaplah buat bergerak dari tempat berlindung Kamu bila guncangan buatnya beralih ataupun rusak.

 

Baca Juga : Perkiraan BMKG Hari Ini dan Gempa Terkini di Aceh Singkil

Doa Dikala Gempa Bumi

Dikutip dari NU Online, KH Abdul Karim ataupun Gus Karim, penjaga Pondok Pesantren Al-Qur’an Azzayadi Solo mengunggah suatu doa sebagian dikala sehabis terjalin gempa bumi.

اللّٰهُمَّإِنِّيْأَسْأَلُكَخَيْرَهَاوَخَيْرَمَافِيْهَاوَخَيْرَمَاأَرْسَلْتَبِهِوَأَعُوْذُبِكَمِنْشَرِّهَاوَشَرِّمَافِيْهَاوَشَرِّمَاأَرْسَلْتَبِهِ

Allâhumma innî asaluka khairaha wa khaira mâ fîhâ, wa khaira mâ arsalta bihi, wa a’ûdzubika min syarrihâ, wa syarri mâ fîhâ wa syarri mâ arsalta bihi

Maksudnya:“ Ya Allah, sebetulnya saya meminta kehadirat- Mu kebaikan atas apa yang terjalin, serta kebaikan apa yang di dalamnya, serta kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan peristiwa ini. Serta saya meminta proteksi kepada- Mu dari keburukan atas apa yang terjalin, serta keburukan atas apa yang terjalin didalamnya, serta saya pula meminta proteksi kepada- Mu atas apa- apa yang Engkau kirimkan.”

Dengan unggahan doa itu, pasti saja KH Abdul Karim tidak saja bermaksud menyarankan kepada warga buat membaca doa itu pada dikala itu pula, namun pula buat dibaca sewaktu- waktu kala terjalin bencana gempa bumi ataupun yang lain yang membahayakan keselamatan jiwa.*** 

Post a Comment

Previous Post Next Post