Kartu Prakerja 2023 Bakal Diadakan Lagi, Berikut Cara Pendaftarannya

pendaftaran Kartu Prakerja 2023

VIRALAYAR - Kartu Prakerja 2023 merupakan salah satu program pemerintah yang banyak dinantikan warga. Tidak heran bila banyak yang bertanya kapan pembukaan gelombang Kartu Prakerja 2023 bakal diadakan lagi.

Pihak panitia Kartu Prakerja juga pernah memberikan unggahan ihwal bocoran skema penerapan pelatihan Kartu Prakerja 2023. Pendaftaran kartu prakerja pasti akan dibuka untuk tahun ini. Apalagi, program ini akan menaikkan besaran insentif yang diterima oleh warga.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan dengan melandainya permasalahan pandemi Covid- 19, Pemerintah akan melaksanakan penyesuaian skema Kartu Prakerja dari semula semi bantuan sosial (bansos) jadi skema wajar pada tahun 2023.

Program Kartu Prakerja 2023 ingin fokus pada bantuan skill dan produktivitas angkatan kerja dalam bentuk pembayaran pelatihan secara langsung kepada partisipan dan insentif pasca pelatihan dengan macam pelatihan skilling, reskilling, serta upskilling.

Pada 2022, Program Kartu Prakerja sudah mempunyai partisipan sebanya 3,46 juta orang dari 514 kabupaten/ kota di Indonesia. Total partisipan sejak awal penerapan program pada April 2020 sampai saat ini menggapai 14,9 juta penerima.

Bersumber pada jumlah partisipan pada 2022, sebanyak 53,6% di antara lain berasal dari 212 kabupaten/ kota sasaran penyusutan kemiskinan ekstrem dan mencakup calon Pekerja Migran Indonesia( PMI).

Pergantian Sistem Kartu Prakerja 2023

Besaran bantuan

Dikutip dari halaman Departemen Koordinator Bidang Perekonomian, pemerintah hendak membiasakan besaran dorongan yang diterima masing- masing partisipan jadi Rp 4, 2 juta pada 2023.

Lebih dahulu, besaran dorongan yang diterima partisipan per orang cuma sebesar Rp 3, 55 juta.

Insentif survei

Insentif survei Rp 100. 000 buat 2 kali pengisian pada program Kartu Prakerja 2023. Lebih dahulu, insentif pengisian survei total menggapai Rp 150. 000.

Skema pelatihan

Kartu Prakerja 2023 pula hendak dicoba dengan skema wajar serta diimplementasikan secara online, offline, ataupun hybrid. Dengan skema itu, membolehkan untuk penerima dorongan sosial dari departemen/ lembaga yang lain semacam Departemen Sosial, Dorongan Subsidi Upah, ataupun Dorongan Pelakon Usaha Mikro( BPUM) buat bisa menerima khasiat dari program Kartu Prakerja.

Dorongan bayaran pelatihan

Dengan penyesuaian itu, bayaran pelatihan naik dari Rp 1 juta jadi Rp 3, 5 juta.

Insentif pasca- pelatihan

Tetapi pada 2023, insentif pasca- pelatihan cuma diberikan satu kali dengan besaran Rp 600. 000. Berbeda dengan dikala ini, di mana insentif pasca- pelatihan diberikan 4 x Rp 600. 000 ataupun Rp 2, 4 juta.


Baca Juga : KPK Geledah Kantor Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

Syarat Kartu Prakerja 2023

Dilansir dari prakerja. go. id, berikut ketentuan registrasi Kartu Prakerja 2023:

  1. WNI berumur 18 tahun ke atas.
  2. Tidak lagi menempuh pembelajaran resmi.
  3. Lagi mencari kerja, pekerja/ buruh yang terserang PHK, ataupun pekerja/ buruh yang memerlukan kenaikan kompetensi kerja, semacam pekerja/ buruh yang dirumahkan serta pekerja bukan penerima upah, tercantum pelakon usaha mikro& kecil.
  4. Bukan penerima dorongan sosial yang lain sepanjang pandemi COVID- 19.
  5. Bukan Pejabat Negeri, Pimpinan serta Anggota DPRD, ASN, Prajurit Tentara Nasional Indonesia(TNI), Anggota Polri, Kepala Desa serta fitur desa serta Direksi/ Komisaris/ Dewan Pengawas pada BUMN ataupun BUMD.
  6. Optimal 2 NIK dalam 1 KK yang jadi Penerima Kartu Prakerja.

Pendaftaran Kartu Prakerja 2023

  1. Kunjungi web www. prakerja. go. id melalui gadget ataupun komputer/laptop.
  2. Buat akun memakai email serta NIK. Masukkan informasi diri dengan jujur serta ikuti petunjuk pada layar.
  3. Siapkan kertas serta perlengkapan tulis buat menjajaki Uji Motivasi serta Keahlian Dasar
  4. Sehabis lolos uji, klik “Gabung” pada gelombang yang sedang dibuka.***

Post a Comment

Previous Post Next Post